Aplikasi Windows Store tidak dapat terhubung ke internet

Pernahkah Anda menemukan situasi di komputer Windows 10 Anda di mana aplikasi Windows Store tidak dapat terhubung ke internet tetapi aplikasi desktop bisa? Ini adalah situasi umum yang sangat mungkin terjadi setelah perubahan driver jaringan atau pembaruan driver. Dalam posting ini, kami mencoba untuk mengatasi beberapa kemungkinan solusi untuk masalah ini. Seperti yang saya sebutkan, masalah ini harus melakukan sesuatu dengan adaptor jaringan, tetapi sangat tidak mungkin driver Anda rusak. Jadi Anda dapat dengan mudah keluar dari situasi ini dengan menggunakan perbaikan berikut.

Aplikasi Windows Store tidak dapat terhubung ke internet

Ubah koneksi internet


Jika Anda menggunakan koneksi WiFi, coba ubah ke koneksi Ethernet kabel - atau sebaliknya dan lihat apakah itu membuat masalah selesai. Jika ini sudah memperbaiki masalah Anda, itu membuatnya cukup jelas bahwa masalahnya adalah dengan koneksi internet. Coba hubungi ISP Anda.


Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Windows Store Apps Troubleshooter

Jika Aplikasi Windows Store tidak dapat terhubung ke internet, maka ini mungkin harus melakukan sesuatu dengan aplikasi itu sendiri. Anda dapat mencoba menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter untuk menyelesaikan semua kesalahan dan masalah umum.

Untuk menjalankan troubleshooter:
  1. Buka Settings.
  2. Buka Update & Security dan buka Troubleshoot dari menu sebelah kiri.
  3. Gulir ke bawah ke bawah untuk menemukan Windows Store Apps dan klik.
  4. Klik Jalankan troubleshooter.
Ini harus memulai troubleshooter, dan itu akan mulai memindai komputer Anda untuk masalah apa pun dengan Aplikasi Windows Store. Menjelang akhir, Anda dapat memperbaiki semua masalah yang terdeteksi, dari troubleshooter itu sendiri.

Jalankan Internet Connection Troubleshooter

Anda dapat menggunakan Internet Connection Troubleshooter untuk mencari masalah apa pun dengan koneksi internet. Ada kemungkinan yang baik bahwa konfigurasi internet yang salah menyebabkan masalah ini. Terapkan semua perbaikan dari troubleshooter dan Anda siap untuk menggunakannya.

Reset Windows Store Cache

Menghapus Cache Windows Store tidak akan menghapus aplikasi atau pengaturan apa pun, ini akan menghapus data sementara dan memberi Windows Store awal yang baru. Ini mungkin juga membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang sedang kita bahas dalam posting ini. Sangat mudah untuk mengatur ulang Windows Store Cache.

Cara Reset atau Hapus Windows Store Cache di Windows 10

Saya menemukan cara untuk mengatur ulang cache untuk Windows Store. Apa yang dilakukannya, adalah bahwa me-reset Windows Store tanpa mengubah pengaturan akun atau menghapus aplikasi yang diinstal.

Hapus Windows Store Cache dengan WSReset.exe

Prosesnya sangat mudah dan sederhana. Jalankan CMD sebagai administrator , ketik WSReset.exe dan tekan Enter.

Atau, di Start search, ketik wsreset.exe. Pada hasil yang muncul, klik kanan dan pilih Run as administrator.

Windows Store Cache dengan WSReset.exe

Jendela command prompt akan terbuka setelah itu Windows Store akan terbuka dan Anda akan mendapatkan pesan konformasi yang mengatakan bahwa

The cache for the Store was cleared. You can now browse the Store for apps.

Kemudian akan membawa Anda kembali ke Windows Store. Sekarang coba pasang atau perbarui aplikasi atau unduh aplikasi baru dan lihat apakah itu berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika Anda menerima kesalahan-

"Windows cannot find ‘ms-windows-store:PurgeCaches’. Make sure you typed the name correctly, and then try again"

Anda perlu me-reregister aplikasi Windows Store dengan menjalankan perintah berikut di jendela prompt perintah yang ditinggikan:

powershell -ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $Env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.xml

Reset Windows Sockets

Winsock adalah spesifikasi teknis yang mendefinisikan bagaimana software jaringan Windows harus mengakses layanan jaringan, terutama TCP / IP. Windows hadir dengan Dynamic Link Library (DLL) yang disebut winsock.dll yang mengimplementasikan API dan koordinat program Windows dan koneksi TCP / IP. Tetapi terkadang Windows Sockets atau Winsock dapat rusak karena Anda mungkin tidak dapat terhubung ke Internet. Oleh karena itu, perlu diperbaiki.

Untuk mereset Winsock di Windows, buka CMD sebagai admin, ketik yang berikut dan tekan Enter:

netsh winsock reset

Jika Anda menggunakan IPv4, ketik netsh int ipv4 reset dan tekan Enter. Jika Anda menggunakan IPv6, ketik netsh int ipv6 reset dan tekan Enter. Jika Anda ingin menghasilkan file log dari perubahan, tambahkan jalur logfile ke perintah di atas, misalnya netsh winsock reset c:\winsocklog.txt. Anda harus me-restart komputer Anda.

Lakukan Reset Jaringan

Network Reset

Solusi terakhir yang tersisa adalah melakukan Reset Jaringan lengkap.

Buka Settings, buka Network & Internet dan pilih Network Reset. Sekarang klik tombol Reset Now  untuk memulai proses reset. Ingat bahwa ini akan menghapus dan menginstal ulang semua adapter jaringan dengan konfigurasi default mereka. Ini akan menghapus semua pengaturan proxy atau VPN yang mungkin telah Anda konfigurasikan.

Nimebat : Pesan Formulir Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Benar