Samsung Galaxy S9

Mungkin lebih tepat untuk menyebutnya S8 mk2, tetapi Samsung Galaxy S9 adalah smartphone yang menakjubkan di seluruh papan. Sekarang dijual, jadi cari tahu apa yang baru di ulasan lengkap kami.

SAMSUNG GALAXY S9
Telepon andalan baru pertama tahun 2018 ada di sini dan Samsung Galaxy S9 adalah yang pertama kali masuk ke pasar. S8 hampir ponsel sempurna sehingga Samsung benar-benar membuatnya lebih baik? Ulasan dan pengujian kami menunjukkan bahwa itu bisa, tetapi tidak banyak.

Samsung Galaxy S9

Dengan LG dan Huawei gagal meluncurkan smartphone unggulan baru  di MWC 2018, lebih banyak fokus pada Samsung dan fokus adalah kata yang tepat di sini karena Galaxy S9 sebagian besar tentang teknologi kamera baru dan lebih baik .

Anda dapat membeli  Galaxy S9  sekarang meskipun siapa pun yang memesan sebelumnya akan memiliki telepon seminggu sebelum tanggal rilis 16 Maret.

Sangat jelas bahwa Galaxy S9 sangat banyak versi baru dari Galaxy S8 , bukan perangkat yang sangat baru. Seperti upgrade poin dalam hal perangkat lunak jika Anda suka jadi ini pada dasarnya adalah 'Galaxy S8.1' atau 'Galaxy S8s'.

Samsung Galaxy S9: Spesifikasi
  • Android 8.0 Oreo
  • 5.8in Quad HD + (2960x1440) 18.5: 9 Tampilan Infinity yang Tidak Terikat
  • Exynos 8910 prosesor octa-core
  • RAM 4GB
  • Penyimpanan internal 64 GB
  • slot kartu microSD (hingga 400GB)
  • Kamera hadap belakang 12Mp dengan OIS dan f / 1.5
  • Kamera depan 8 MP
  • Tekanan tombol rumah peka
  • Pemindai sidik jari (dipasang di belakang)
  • Monitor detak jantung
  • 11ac Wi-Fi dual-band
  • Bluetooth 5.0 dengan aptX
  • GPS
  • NFC
  • 4G LTE Cat 16
  • Headphone jack
  • USB-C
  • Baterai non-removable 3000mAh
  • Pengisian daya nirkabel
  • IP68 debu & rating tahan air
  • 69x148x8.5mm
  • 163g

Dengan desain yang hampir identik dengan pendahulunya, Anda akan kesulitan untuk melihat mana yang merupakan Galaxy S9. Bagian depan hanya memiliki tweak kecil: bezel di atas dan di bawah layar adalah pecahan yang lebih kecil. Tidak begitu jelas, tetapi Anda harus ingat bahwa S8 sudah memiliki bezel yang sangat kecil.

Galaxy S9 sedikit lebih pendek daripada S8 dan sebenarnya sedikit lebih tebal dan lebih berat pada 8,5 mm dan 163 g, tetapi tidak ada pengukuran yang benar-benar Anda sadari.

Di bagian belakang, perubahan lebih jelas dengan pemindai sidik jari bergerak ke bawah kamera. Samsung dengan jelas mendengarkan umpan balik tentang hal ini sehingga tidak hanya terlihat lebih bagus, juga lebih mudah untuk dijangkau dan digunakan. Anda mungkin masih mengeluarkan kamera sesekali tetapi pasti akan terjadi jauh lebih sedikit. 

Sebenarnya tidak banyak yang bisa dikatakan tentang Galaxy S9 dalam hal desain dan build karena sangat mirip dengan model tahun lalu. Tampilan dan rasa keseluruhannya sama dengan kombinasi logam dan kaca yang ramping. Masih ada tombol home yang sensitif tekanan yang tertanam di layar dan tombol khusus di sisi kiri untuk memanggil Bixby.

Rasanya enak dipegang tetapi merupakan ponsel yang licin karena penutup belakang kaca. Desain, khususnya tepi melengkung dari kaca depan membuatnya lebih rentan terhadap retakan daripada bentuk yang lebih tradisional. Berikut ini adalah kumpulan kasus Galaxy S9 terbaik untuk menjaga agar S9 bebas noda dan terlindungi.

Sekarang, karena S8, standar untuk kedua model memiliki tampilan dengan tepi melengkung dan Samsung telah memastikan untuk mempertahankan fitur utama seperti peringkat tahan air IP68 dan jack headphone.

Tahun ini ada tiga warna yang bisa dipilih: Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple baru. Ada juga pilihan Titanium Grey tetapi untuk saat ini ini tidak tersedia di Inggris.

SPESIFIKASI DAN FITUR
Jadi Galaxy S9 tidak terlalu berbeda dalam desain, jadi apakah lompatan besar dalam spesifikasi dan teknologi baru? Yah tidak benar-benar tetapi Samsung telah membuat perbaikan pada apa yang sudah menjadi smartphone yang sangat mengesankan.

Layar
Ini mungkin kabar baik bagi Anda - ini bagi kami - bahwa Samsung belum melewati rute yang sama seperti Apple dengan takik di bagian atas layar. Bahkan, ia menampilkan adalah salah satu area yang belum berubah sejak Galaxy S8, jadi masih 5.8 dalam model biasa dan melompat ke 6.2in jika Anda mendapatkan Galaxy S9 +.

Seperti yang disebutkan sebelumnya kedua ponsel memiliki Display Infinity melengkung sehingga Anda hanya benar-benar perlu memilih ukuran yang Anda inginkan - S9 + memang memiliki teknologi kamera yang berbeda dan beberapa manfaat lainnya, meskipun (lihat di bawah).

Samsung menempel pada aspek rasio 18,5: 9, resolusi Quad HD + dan teknologi Super AMOLED. Ini masih salah satu layar terbaik di pasar dan dibandingkan dengan Galaxy S8 kami, terlihat sedikit lebih cerah juga.

Lihat daftar pelindung layar Galaxy S9 terbaik kami .
Seperti sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan fitur seperti layar Tepi - tempat Anda dapat menggesek dari samping dan menggulir berbagai panel hal-hal seperti kontak populer, aplikasi, dan lainnya. Ada juga fitur yang selalu menampilkan informasi penting pada layar kunci saat ponsel mati.

Ada banyak fitur yang lebih kecil, banyak yang sudah ada sejak lama, tersembunyi di menu pengaturan sehingga perlu ditelusuri apa yang dapat dilakukan S9 - terutama jika ini adalah perangkat Galaxy pertama Anda.

Prosesor, memori, dan penyimpanan
Dengan unggulan baru datang prosesor baru dan Samsung telah dilengkapi Galaxy S9 dengan chip Exynos 8910 baru. Ini masih merupakan chip octa-core dengan empat core efisiensi 1.7GHz tetapi lebih cepat empat melompat dari 2.4 ke 2.7GHz.

Beberapa pasar akan hadir dengan Qualcomm Snapdragon 845 sebagai gantinya; sesuatu yang telah dilakukan Samsung untuk sementara di AS dan China.

Seperti yang Anda lihat dari hasil benchmark, Exynos melampaui Snapdragon 845 sedikit (angka melalui desain referensi Qualcomm), tetapi tidak dapat menandingi kekuatan mentah iPhone A11. Kami telah menyertakan OnePlus 5T sehingga Anda bisa mendapatkan gagasan tentang kinerja yang ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah.

Penting untuk dicatat bahwa kinerja bukanlah masalah di sini dan S9 jelas  mampu menangani semua yang dapat Anda lempar.

Seperti Galaxy S8, Anda mendapatkan 4GB RAM dan 64GB penyimpanan internal dan meskipun Anda dapat menemukan lebih banyak di tempat lain (bahkan di ponsel yang lebih murah seperti OnePlus 5T ) seharusnya cukup bagi kebanyakan orang. Jika tidak cukup penyimpanan maka ada opsi 256GB dan slot kartu microSD yang sekarang bisa mencapai 400GB.

Jika Anda lebih dari pengguna daya, maka S9 + memiliki RAM 6GB dan menggandakan jumlah penyimpanan sebagai standar.

Konektivitas dan Audio
Tidak banyak yang dapat dilakukan Samsung atau produsen lain untuk meningkatkan konektivitas pada smartphone unggulan 2018. Seperti S8, Galaxy S9 memiliki semua hal yang Anda harapkan termasuk 11ac Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.0, NFC, GPS, USB-C dan port headphone.

Tidak seperti kebanyakan, Samsung terus menawarkan monitor detak jantung. S9 dapat mencapai kecepatan 4G 1.2Gbps yang sangat mengesankan, tetapi dalam kehidupan nyata Anda tidak akan melihat gerutuan semacam itu.

Tidak ada Quad DAC untuk audio headphone yang lebih baik seperti LG V30, tetapi Samsung telah meningkatkan speaker pada S9. Sekarang ada speaker stereo dengan pemotretan bawah yang biasa di bawah dan sekarang di mana earpiece berada di atas layar.

Ini adalah pengaturan yang sama yang digunakan Apple untuk iPhone terbaru, dan juga satu Sony yang telah diadopsi dengan XZ2.

Ini mungkin terdengar agak aneh dengan kedua tembakan ke arah yang berbeda tetapi kami akan mengambil alih speaker mono setiap hari. Masih ada tuning dari AKG dan kali ini Samsung juga menambahkan Dolby Atmos yang Anda dapat beralih ke soundscape yang lebih besar dan lebih luas.

Ada peningkatan yang mencolok dibandingkan dengan S8, khususnya di speaker on-board. Mereka memiliki lebih banyak kekuatan tetapi tidak sempurna dengan kualitas audio yang agak kasar pada volume yang lebih tinggi. Kami menyukai mode Dolby Atmos opsional, yang dapat membuat konten jauh lebih imersif - terutama video.

Perlu dicatat bahwa headphone AKG yang tersedia sekali lagi sangat bagus, sehingga sebagian besar pengguna tidak akan bergegas keluar untuk mencari pasangan pengganti.

Upgrade Samsung di departemen audio diterima, tetapi S9 bukanlah ponsel terbaik untuk audio - itu masih LG V30.

Pemindai sidik jari Galaxy S9

Pemindai sidik jari dan Iris
Seperti yang disebutkan sebelumnya pemindai sidik jari telah dipindahkan ke lokasi yang lebih nyaman di bawah kamera. Juga lebih mudah untuk mendaftarkan setiap jari baru berdasarkan Samsung dengan hanya tiga geseran daripada banyak sentuhan yang diperlukan sebelumnya.

Kami benar-benar berhasil mendaftarkan dua jari hanya dalam dua gesekan masing-masing. Pemindai sidik jari cepat (bukan yang tercepat tetapi cukup cepat) dan akurat dan sekarang dapat digunakan untuk menarik panel pemberitahuan ke bawah - cukup aktifkan dalam pengaturan.

Kami lebih suka Galaxy S9 memiliki pemindai sidik jari tertanam di layar sebagai teknologi di luar sana tetapi tampaknya kita harus menunggu untuk itu.

Samsung belum secara eksplisit mengatakan pemindai iris lebih baik dari sebelumnya yang merupakan rasa malu tapi ingin menunjukkan bahwa itu tertanam di depan ponsel tanpa takik seperti iPhone X . Ada juga opsi Intelligent Scan baru yang menggabungkan iris dan pemindaian wajah.

Satu hal yang pasti, ada peningkatan dramatis atas iterasi sebelumnya. Secara umum ini bekerja cukup baik, tetapi tidak konsisten dibandingkan dengan ponsel pesaing hanya melakukan membuka wajah. Bahkan beralih ke pemindaian wajah saja tidak sebagus ponsel seperti iPhone X dan OnePlus 5T.

Kamera
Perubahan terbesar pada Galaxy S9 datang dalam teknologi kamera, seperti yang digembar-gemborkan oleh Samsung sebelum peluncuran dengan 'The Camera. Bayangkan kembali 'kampanye.

Sayangnya itu Galaxy S9 yang tidak mengesankan seperti Anda harus mendapatkan S9 + untuk mendapatkan pengaturan kamera ganda. Kami ingin melihat dual-kamera sebagai standar pada kedua ponsel, tetapi dapat dipahami bahwa Samsung menginginkan lebih dari sekadar ukuran untuk membedakan keduanya.

Kamera Galaxy S9

Namun, kamera S9 ditingkatkan dari sebelumnya meskipun tetap pada 12Mp dengan piksel 1,4μm dan OIS. Peningkatan utama adalah apertur yang dapat disesuaikan yang dapat secara otomatis beralih antara f / 2.4 dan f / 1.5 tergantung pada kondisi pemotretan - tercepat dari semua ponsel yang ada di pasar. 

Huawei sementara memiliki lensa tercepat (pada Mate 10 Pro ) di f / 1.6, tetapi lensa S9 sekarang memungkinkan dalam cahaya 28 persen lebih dari pada S8.

Iris bersifat mekanis seperti kamera DSLR dan seharusnya berarti hasil yang lebih baik di siang hari dan cahaya rendah. Apa yang Samsung sebut paket 'Kecepatan Super Dual Pixel' sekarang memiliki DRAM sehingga dapat melakukan hal-hal lebih cepat dan lebih cerdas. Kamera sekarang mengambil 12 bidikan bersama alih-alih 3 untuk meningkatkan noise hingga 30 persen.

DxO telah memberikan Galaxy S9 + skor 99 untuk kamera, yang tertinggi dari sebuah ponsel hingga saat ini. Model biasa mungkin tidak memiliki lensa telefoto tetapi masih sangat baik.

Lihat galeri di bawah ini di mana Anda dapat melihat bagaimana S9 mengatasi berbagai kondisi yang berbeda. Ponsel ini mungkin tidak melakukan pemrosesan perangkat lunak pintar yang sama yang membuat gambar tampak hebat pada ponsel Pixel 2 tetapi masih sangat mengesankan.

Secara keseluruhan, S9 memiliki kamera yang dapat mencapai hasil yang sangat baik dalam semua kondisi, sebagian berkat aperture ganda itu. Anda mendapatkan bidikan tajam dalam cahaya yang layak - meskipun beberapa dapat sedikit dicuci seperti foto St.Pancras -, detail yang menakjubkan dalam makro dan yang paling penting adalah seberapa baik S9 berupaya dalam cahaya rendah, tanpa tingkat kebisingan yang berlebihan.

Di galeri Anda akan melihat gambar cahaya rendah ekstrem, yang jika diambil pada ponsel lain pada dasarnya adalah pemadaman listrik. Tidak ada keraguan bahwa S9 menawarkan pengalaman fotografi serba fantastis.

Kami masih belum sepenuhnya yakin oleh Bixby tetapi bagian kamera, Bixby Vision, telah ditingkatkan dan dengan cepat dapat diakses dari aplikasi kamera. Sekarang dapat melakukan terjemahan langsung, pengenalan tempat yang lebih baik dan lebih banyak fitur makanan seperti kalori dan resep. Yang terakhir akan tergantung pasar.

Gerakan super lambat
Selain itu, S9 kini dapat menandingi ponsel unggulan Sony Xperia dan merekam video gerak lambat super dengan kecepatan 960fps. Itu berarti 0,2 detik dalam kehidupan nyata menjadi enam detik video dan Samsung memiliki beberapa teknologi pintar untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat video gerak lambat yang hebat.

Dengan telepon Sony kami sulit menekan tombol mo super lambat pada saat yang tepat ketika merekam video tentang sesuatu yang terjadi sangat cepat seperti balon yang muncul. Karena 960fps hanya dapat dinyalakan dalam semburan singkat, sangat mudah untuk melewatkan momen itu.

S9 memiliki fungsi deteksi otomatis sehingga Anda dapat memberi tahu ponsel di mana dalam bidikan untuk menonton gerakan. Segera setelah itu, itu akan menendang ke dalam gerakan super lambat. Anda kemudian dapat berbagi sebagai gif, melakukan hal-hal seperti membalikkan video dan bahkan mengaturnya sebagai wallpaper lockscreen bergerak.

Anda juga dapat memotret dalam mode manual, memilih kapan Anda ingin melakukan pemotretan gerakan lambat yang lebih mudah untuk beberapa situasi. Dalam mode apa pun, Anda dapat memotret 20 bagian mo lambat yang berbeda dalam satu video.

Ponsel Xperia XZ2 baru Sony mungkin dapat melakukan 960fps dalam 1080p sekarang tetapi kami lebih suka memiliki fungsi yang ditawarkan oleh S9 untuk membuat konten yang lebih baik di 720p.



AR Emoji
Ada banyak hal yang perlu dibicarakan dengan kamera depan yang tetap pada 8Mp dengan bukaan f / 1.7 tetapi di sisi perangkat lunak Samsung telah menciptakan AR Emoji untuk menyediakan pengguna dengan sesuatu yang mirip dengan fitur Animoji Apple.

Galaxy S9 AR Emoji

Alih-alih telepon melacak wajah Anda untuk menganimasikan berbagai hewan dan sejenisnya (meskipun ada beberapa yang dapat dipilih), Anda mengambil foto diri Anda dan S9 akan membuat emoji yang mirip dengan Anda.

Ini cepat dan mudah, tetapi kami tidak benar-benar terpesona dengan kemiripan (dan tidak dapat menangani janggut sama sekali) - ketiga pria yang kami coba itu semua diberi karakter yang sangat mirip. Anda dapat mengeditnya sedikit untuk membantu dan memilih dari salah satu yang menggabungkan selfie yang Anda ambil atau opsi kartun lainnya.

Setelah selesai, 18 gif animasi dibuat secara otomatis dan Anda dapat mengirimnya kepada siapa pun, bukan hanya mereka yang kebetulan memiliki S9. Mereka cukup keren dan sangat mudah diakses melalui keyboard default.

Namun, salah satu gagasannya adalah Anda dapat menganimasikan karakter itu sendiri tetapi melakukan hal ini sangat tidak menyenangkan dan emoji Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk bergeming. Pelacakan pada iPhone X adalah liga depan.

Mungkin menyenangkan tetapi mari kita hadapi itu, ini adalah fitur gimmick lain seperti Animoji. 

Daya tahan baterai
Sayang sekali baterai-nya tetap pada 3.000 mAh dan Samsung belum membuat klaim apa pun tentang masalah ini. Galaxy S9 akan menawarkan pengisian cepat melalui port USB-C dan dengan pengisian nirkabel.

Dengan pengisi yang disediakan, kami berhasil mengisi S9 dari 0 hingga 36 persen dalam 30 menit. Itu cukup bagus, meskipun HTC U11 + mengalahkannya sedikit pada 38 persen.

Dengan tidak ada perubahan dalam kapasitas baterai, tidak mengherankan bahwa ponsel tidak akan bertahan lebih lama dari sebelumnya. S9 akan bertahan seharian penggunaan rata-rata dan mungkin sedikit lebih lama untuk pengguna ringan. Pengisian daya kabel dan nirkabel yang cepat akan membantu Anda mempertahankannya.

Mode lansekap Galaxy S9

PERANGKAT LUNAK DAN APLIKASI
Seperti yang Anda harapkan, ponsel Galaxy S9 hadir dengan Android 8 Oreo dan antarmuka pengguna Samsung sendiri. Tidak ada perubahan besar dalam hal kerja dibandingkan sebelumnya, tetapi itulah yang diharapkan.

Masih ada aplikasi pre-loaded dari Google dan Microsoft, tetapi Samsung telah membuat beberapa penyesuaian di sana-sini untuk memperketat pengalaman.

Bagi mereka yang menggunakan berbagai aplikasi Samsung yang berbeda untuk perangkat lain, Anda akan senang mengetahui bahwa sekarang ada satu aplikasi untuk mengatur semuanya. SmartThings sekarang adalah satu tempat di mana Anda dapat mengelola semua perangkat Anda dan itu juga akan melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti menyediakan TV Samsung baru Anda, misalnya, dengan rincian Wi-Fi dan masuk ke semua layanan Anda.

Galaxy S9 DeX dock

Seperti sudah disebutkan, ada perbaikan untuk Bixby (yang masih memiliki tombol khusus di sisi telepon.

Salah satu perubahan utama adalah Anda sekarang dapat menggunakan ponsel dalam mode lansekap, apakah Anda sedang menjelajahi panel layar beranda atau aplikasi Anda. Saat Anda berada, notifikasi akan muncul di bagian atas tetapi dengan cara yang tidak mengganggu.

Ada juga dok baru DeX Pad sehingga Anda dapat menghubungkan ponsel ke monitor dan menggunakannya seperti PC. Kali ini datar sehingga Anda dapat menggunakan layar sebagai trackpad atau bahkan keyboard.

Nimebat : Pesan Formulir Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Benar