Cara Menguji Kecepatan Internet

Menguji dan memeriksa kecepatan broadband Anda dapat menjadi hal yang berguna untuk dilakukan. Anda dapat memeriksa apakah Anda mendapatkan jenis kecepatan yang diiklankan oleh operator Anda, apakah itu cukup cepat untuk streaming video, dan apakah ping Anda (latensi) cukup baik untuk bermain game.

Perhatikan bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus memastikan koneksi internet Anda tidak digunakan untuk hal lain saat Anda menguji dan, jika mungkin, terhubung ke router Anda melalui koneksi ethernet kabel. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mencoba mengatur ulang router dan menguji lagi.

Seberapa cepat internet untuk streaming video dan game?

Jika Anda memeriksa koneksi broadband Anda untuk melihat apakah itu cukup baik untuk tugas-tugas tertentu, berikut beberapa kecepatan yang disarankan:

Layanan streaming video seperti Netflix merekomendasikan kecepatan pengunduhan 1.5Mbps dan 5Mbps untuk kualitas HD. Streaming video berkualitas tinggi seperti 4K Ultra HD membutuhkan 25Mbps.

Jika Anda seorang gamer, ping Anda harus bernilai ideal di bawah 100 m untuk pengalaman yang bebas lag.

Cara menguji kecepatan internet PC Anda

Anda dapat menggunakan speedtest.net untuk memeriksa kecepatan Internet anda di peramban Anda.

Setelah melakukan tes kecepatan, Anda akan mendapatkan hasil termasuk latensi Anda (alias ping) yang diukur dalam milliseconds, kecepatan unduhan dan kecepatan unggah Anda.

Kecepatan pengunduhan dan pengunggahan biasanya akan diukur dalam Mbps.

speedtest.net

Setelah hasilnya ada di Anda dapat memilih untuk membagikannya (jika Anda ingin membanggakan tentang kecepatan serat optik Anda yang mengagumkan), uji lagi atau coba server baru untuk diuji.

Hasil Speedtest

Cara menguji kecepatan internet seluler Anda

1. Jika Anda ingin menguji kecepatan broadband seluler Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Anda, apakah itu iOS, Android atau Windows Phone. Ada banyak tersedia termasuk Speedtest.

Broadband speed test apps

2. Setelah Anda mengunduh aplikasi dan menginstalnya ke smartphone atau tablet Anda, bukalah dan mulailah tes. Anda akan mendapatkan detail yang sama seperti yang Anda lakukan dengan pengujian desktop.

Nimebat : Pesan Formulir Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Benar