Perbedaan antara MP4 & MPEG-4

Dengan kemajuan teknologi di seluruh dunia, ada banyak file video dan format video yang tersedia untuk sistem yang berbeda. Anda dapat salah mengartikan salah satu format dengan yang lain. Salah satu contoh format video MP4 dan MPEG-4 (MPEG4), karena nama format tersebut hampir tidak bisa dibedakan.
Perbedaan antara MP4 & MPEG-4
Sejarah MP4
Format multimedia adalah istilah yang digunakan pada format digital MP4 yang diberikan kemampuannya untuk menyimpan format video dan audio. Sebelum pengembangan MP4, format digital MP3 banyak digunakan di internet. Manfaatnya, MP4 menyertakan fitur data seperti narasi dan cuplikan statis. Teknologi ini populer digunakan di perusahaan yang peduli dengan pemutar media portabel untuk penggunaan internal atau tujuan komersial. MP4 juga secara teratur digunakan dalam perintah grafis dan komputasi 3D. Dikembangkan pada tahun 2001, formatnya ditingkatkan beberapa tahun kemudian pada tahun 2003. MP4 banyak digunakan di internet, secara bebas memungkinkan orang untuk mengunduh konten yang dipilih di web. MP4 juga disebut sebagai MPEG-4 bagian 14. Beberapa contoh pemutar media yang menggunakan format digital MP4 adalah iTunes, Winamp, dan Quicktime.

Sejarah MPEG-4
MPEG-4 (MPEG4), adalah file visual dan audio yang dikompresi, digunakan pada perangkat seperti iPod, CD, telepon dan televisi satelit. Diperkenalkan pada tahun 1998, file MPEG-4 masih digunakan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia dan mungkin di masa depan. Awalnya, ketika file MPEG-4 dikembangkan, formatnya diarahkan pada komunikasi video standar; Namun, setelah itu kemudian dimasukkan ke teknologi multimedia. Kecepatan transmisi per detik saat ini berkisar dari sangat rendah (Kilobit) hingga sangat tinggi (megabit).

Fungsi MPEG-4:
  • Pengkodean audio, video, dan ucapan dalam media data.
  • Komunikasi yang jelas dalam fungsi visual atau audio kepada pelanggan dari penerima.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif tanpa mengalami kegagalan pada perangkat.
  • Efisiensi keseluruhan dalam pengkodean telah meningkat.
MP4 vs MPEG-4
Sebelum melihat perbedaan antara kedua format, penting untuk mengamati kesamaan. Hanya ada satu contoh di mana MPEG-4 dan MP4 cukup mirip dalam hubungan mereka dengan perangkat. MP4 dan MPEG-4 dihubungkan dengan file visual dan audio dari perangkat tersebut.

Perbedaannya
Perbedaan yang dapat diabaikan adalah istilah yang tepat untuk digunakan ketika membandingkan MP4 dan MPEG-4 tetapi dalam ruang teknologi, banyak pengguna akan menemukan perbedaan yang jelas.

Varians mencolok adalah fungsi dari setiap format file.
  • MP4 adalah format multimedia yang digunakan untuk penyimpanan data.
  • MPEG-4 adalah algoritma pengkodean video yang memungkinkan kompresi dan dekompresi file.
Tampilan varians yang lebih luas akan membantu membedakan keduanya:
MPEG-4 atau M4A adalah format file yang digunakan untuk memampatkan data digital audio dan visual di komputer. Relatif, MP4 adalah format kontainer yang digunakan untuk menyimpan file audio dan video. Kebingungan di antara pengguna muncul karena penamaan file MP4 audio ke MP4 dan MP4, memungkinkan penyimpanan sub judul file video. Beberapa metode penyimpanan file video dan audio terkompresi adalah fitur penyimpanan yang diperoleh dalam format file kontainer MP4. Kompresi dan konversi gambar menjadi data bukanlah perhatian utama dari format MP4. Perhatian utama adalah berurusan dengan penyimpanan data audio, video, konten, teks, dan informasi terkait yang akurat di dalam file.

Ketersediaan video musik di internet adalah substansial, tetapi ini tidak secara otomatis menyiratkan bahwa seseorang dapat mengunduh materi, karena unduhan gratis mungkin tidak diizinkan. Ekstensi .mp4 pada file menunjukkan konten yang dilindungi hak cipta. Pemain MPEG-4 adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan memutar file video dan audio MP4 dalam keadaan terkompresi. File MP4 populer digunakan di internet karena lebih mudah dibagikan dan ditransfer antar pengguna.

Kesimpulan:
Kemajuan berkelanjutan dalam teknologi di seluruh dunia untuk pengembang sistem, penyedia layanan TI dan pengguna internet, secara umum, adalah peluang yang banyak dibuat oleh MPEG-4. Peningkatan pengiriman layanan kepada pengguna akhir akan tetap menjadi prinsip dasar bagi pengembang perangkat keras dan perangkat lunak. MPEG-4 menyediakan platform untuk peningkatan berkelanjutan dalam pemberian layanan berkualitas. MPEG-4 menyediakan akses mudah ke data akurat di internet. Dengan bantuan prosedur operasi standar, MPEG-4 diterjemahkan dan diubah menjadi berbagai data komunikasi yang kompatibel dengan sebagian besar sistem.

Nimebat : Pesan Formulir Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Benar